Selasa, 22 Mei 2018

Perbedaan Antara Kutil Biasa Dengan Kutil Kelamin

Penyakit kutil adalah salah satu jenis dari sekian banyak penyakit kulit, kutil pada umumnya menyerang dan tumbuh subur di kulit tubuh manusia dan yang menjadi penyebab utamanya adalah virus Papilloma. Penyakit kutil itu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam dari kutil yang biasa saja sampe ke kutil yang tumbuh pada daerah kelamin (kelamin pria dan wanita). Seperti yang sudah di jelaskan tadi bahwa kutil ini dapat disebabkan oleh virus dan salah satunya yang paling umum adalah kondiloma akuminata.

Kondiloma Akuminata merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV) yang tumbuh dan berkembang biak di sekitar kelamin baik itu kelamin pria maupun kelamin wanita. Lalu apakah dampaknya bagi kesehatan jika anda terkena virus (HVP) ini, anda tidak perlu panik cukup waspadai dan perlu anda ketahui bahwa pada sebagian kasus yang terjadi ternyata kutil kelamin ini dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun kuncinya yaitu hanya dengan menjaga kebersihan tubuh dengan mandi tiap hari dan mengusahakan agar kulit tubuh dan kulit disekitar kelamin tetap bersih dan kering.




Akan tetapi ada juga sebagian khasus tertentu yang ternyata dapat mengakibatkan kutil ini terus tumbuh dan membesar. Pada kelamin wanita Kadang kutil ini juga disebut dengan istilah jengger ayam. Perlu anda ketahui bahwa sebagian besar kutil kelamin ternyata berukuran sangatlah kecil dan berbentuk datar sehingga sulit terlihat secara kasat mata. Biasanya mereka yang mengalami kondisi ini akan merasakan gatal-gatal pada daerah sekitar daerah genitalnya. Selain tumbuh satu per satu, beberapa kutil kelamin juga dapat tumbuh secara berdekatan atau membentuk kelompok yang lebih besar.

Pada pria, kutil dapat tumbuh subur di sekitar batang dan ujung penis, anus, serta kantong zakar. Sedangkan pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian dinding miss v, leher rahim, vulva, dan kulit di antara lubang vagina dan lubang anus. Lebih parahnya lagi ternyata kutil kelamin juga bisa menular dan tumbuh di dalam rongga mulut dan bahkan sampai ke tenggorokan seseorang, hal ini dikarenakan penularan yang diakibatkan mereka melakukan seks oral dengan seorang penderita.

Untuk orang awam dan secara spesifik agak sulit menjelaskan secara detail mengenai bentuk dan jenis-jenis kutil kelamin ini, sebab hanya dokter ahli kelamin dan kandungan yang berpengalaman yang mampu membedakan antara penyakit kutil kelamin dengan penyakit kelamin lainnya.  Nah jika merasa ada tumbuh benjolan pada daerah kelamin sebaiknya segera periksakan kepada dokter umum/spesialis kulit kelamin untuk menentukan jenis keluhan Anda.

Demikianlah penjelasan singkat dari kami mengenai virus HPV dan kutil kelamin, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perbedaan Antara Kutil Biasa Dengan Kutil Kelamin

Penyakit kutil adalah salah satu jenis dari sekian banyak penyakit kulit, kutil pada umumnya menyerang dan tumbuh subur di kulit tubuh manus...